Isi waktu luang dengan bekerja

5 05 2008

Saat paling berbahaya bagi akal adalah manakala pemiliknya menganggur dan tak berbuat apa-apa. Orang seperti itu, ibarat mobil yang berjalan dengan kecepatan tinggi tanpa sopir, akan mudah oleng ke kanan dan ke kiri.

Bila pada suatu hari Anda mendapatkan diri Anda menganggur tanpa kegiatan, bersiaplah untuk bersedih, gundah, dan cemas! Sebab, dalam keadaan kosong itulah pikiran Anda akan menerawang ke mana-mana; mulai dari mengingat kegelapan masa lalu, menyesali kesialan masa kini, hingga mencemaskan kelamnya masa depan yang belum tentu Anda alami. Dan itu, membuat akal pikiran Anda tak terkendali dan mudah lepas kontrol. Maka dari itu, saya nasehatkan kepada Anda dan diriku sendiri bahwa mengerjakan amalan-amalan yang bermanfaat adalah lebih baik daripada terlarut dalam kekosongan yang membinasakan. Singkatnya, membiarkan diri dalam kekosongan itu sama halnya dengan bunuh diri dan merusak tubuh dengan narkoba.

Waktu kosong itu tak ubahnya dengan siksaan halus ala penjara Cina; meletakkan si narapidana di bawah pipa air yang hanya dapat meneteskan air satu tetes setiap menit selama bertahun-tahun. Dan dalam masa
penantian yang panjang itulah, biasanya seorang napi akan menjadi stres dan gila.

Berhenti dari kesibukan itu kelengahan, dan waktu kosong adalah pencuri yang culas. Adapun akal Anda, tak lain merupakan mangsa empuk yang siap dicabik-cabik oleh ganasnya terkaman kedua hal tadi; kelengahan dan si “pencuri”.

Karena itu bangkitlah sekarang juga. Kerjakan shalat, baca buku, bertasbih, mengkaji, menulis, merapikan meja kerja, merapikan kamar, atau berbuatlah sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain untuk mengusir kekosongan itu! Ini, karena aku ingin mengingatkan Anda agar tidak berhenti sejenak pun dari melakukan sesuatu yang bermanfaat.

Bunuhlah setiap waktu kosong dengan ‘pisau’ kesibukan! Dengan cara itu, dokter-dokter dunia akan berani menjamin bahwa Anda telah mencapai 50% dari kebahagiaan. Lihatlah para petani, nelayan, dan para kuli bangunan! Mereka dengan ceria mendendangkan lagu-lagu seperti burung-burung di alam bebas. Mereka tidak seperti Anda yang tidur di atas ranjang empuk, tetapi selalu gelisah dan menyeka air mata kesedihan.

-dikutip dari buku La Tahzan kayra DR. ‘Aidh al-Qarni-

About these ads

Actions

Information

25 responses

6 05 2008
Setiadi

wah, blom dikasi kerjaan juga ya?
kok sepertinya banyak idle nya?
hehehe…

Bener juga chai..
disini banyak yang idle..
keknya ada yang seharian idle gitu.. :roll:

6 05 2008
D

Kukira tulisannya Achai, *ikutan ah manggil Achai, abis kamu kayak tionghoa sih* taunya diambil dari La Tahzan.
Alhamdulillah ada generasi muda yang tercerahkan di kantor.
*Toss*

7 05 2008
pram

Subhanallah…
bang kodir ini ternyata bisa mencerahkan juga…
hayuu semangat… kita bangun Indonesia tercinta inih…
semoga presentasi hari ini sukses….
Ganbatte!!

13 05 2008
syant

: ) Ngeblog kerjaan juga nggak? hwe hwe…
ngeblog2 …jangan kerja mulu :b

8 06 2008
sayaHermana

Cai, sekarang ngerjain apa aja di sono ?
Ada lowongan di Bandung ga ?
Hue.

12 06 2008
Esa

subhanallah..syukran jazilan sdh diingatkan kembali. alhamdulillah bi-idznillah.

1 07 2008
Bonobo

A personal blog of Chaidir Abadi, who calls himself a common man with a common objective of learn something and become a useful human being. His simple language is striking and engages the reader. The text is basically written in an Islamic language with some occasional portions only in English.

10 07 2008
technology

artikelnya menarik,

26 12 2008
hendra

Jangankan yang muda. Menurut riset yang dilakukan oleh para ahli di Jerman, manula yang mengisi hari-harinya dengan aktivitas yang positip mempunyai umur yang lebih panjang. Tuh…

Btw, wordpress (WP) bisa dipake buat CMS lho mas..
Terus anda juga bisa membuat bisnis online sendiri dengan WP.

Tertarik
Kalau mau, saya ada panduan bagus loh
klik disini untuk infonya
Salam hangat.

19 01 2009
us

artikelnya inspiratif lho
belajar dimana bos?

29 01 2009
frett

i love la tahzan…
cmn ga sampe abiz.

17 02 2009
accan

salam Kenal… :P

6 05 2009
JABRIG

assalamualaikum

wah..wah..wah… postingannya TOP abis boss. gmn gak, ketika mbaca isinya kok nyindir gua semua. belajar ilmu silat di mna boss??? jazakallah boss.

11 07 2009
ajieee

bener mas jangan lah engkau buang buang waktu sebab waktu itu berharga

26 10 2009
Endang Swastyaskuningsih » Blog Archive » “PASWORD KERJA DAHSYAT”

[...] 3. Bekerja keras 4. Bekerja cerdas 5. Bekerja tuntas 6. Bekerja tim work 7. Bekerja prioritas 8. Bekerja isi peluang 9. Bekerja Ketrampilan plus 10. Bekerja berdasar sukses orang [...]

4 01 2010
ika Farida

Semoga juga bermanfaat buat aku….
Insyaallah…

8 01 2010
LeadeR StreeT

betul, akal akan berjalan dan berinspirasi ketika pemiliknya berusaha untuk berbuat yang terbaik untuk dirinya sendiri,

25 03 2010
Doni

wah hebat mas page ranknya sampai bisa melejit gitu :-) semoga tambah sukses ya blognya :-)

23 05 2010
andee

seuju bos….kerja untuk masa depan…

27 05 2010
entityoflife

setubuh gan!!!
great post…

need IT??

http://www.linovtech.com

30 05 2010
Tulisanku Inspirasiku

benar banget… kalau udah nganggur, otak tu kayaknya jadi tumpul lagi.

10 06 2010
iwan

salam kenal ya, kutipan nya bagus dan memotivasi.

9 05 2011
trafsilo

orang jepang hidupnyaaa gak boleh ada yang ngggur sekali pun sedetik. salam kenal….. blogwalking

6 07 2011
sutrionline

ehm, yupz… waktu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya…
msti diisi dengan kegiatan positif spaya hidup lebih berharga

24 08 2011
computer zone

anda jago motivasi nih, jadi motivator aza , btw tulisan yang manfaat

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 43 other followers

%d bloggers like this: