Kafe La Galigo

5 05 2008

Makassar merupakan salah satu kota di Kawasan Indonesia Timur yang memiliki banyak tempat tujuan wisata kuliner. Sebut saja macam2 coto, mulai dari coto makassar, coto maros, coto bersaudara, coto paraikatte sampai coto matte kudasai (??). Belum lagi makanan berupa ikan yang biasa disebut ulujuku (ulu = kepala, juku=ikan). Ada ulujuku palumara yang sangat gurih, nikmat dan mantab. Trus gulai ulujuku (yg ini belum nyobain, jadi blm bisa kasih komentar). Lalu ada beberapa lagi makanan terkenal disini seperti palubasa, kapurung, konro bakar, dan yang belum saya kenal lainnya.

Belum lagi makanan kecil buat nyemil sambil ngupil.. ada es pisang ijo, pisang epe, pisang ambon, pisang susu.. loh, ko pisang semua ya??

Sabtu kemaren, atas rekomendasi teman yang juga direkomendasikan oleh temannya yang entah direkomendasikan siapa, saya mencoba mencicipi mie yang katanya cukup terkenal disini. Nama tempatnya Kafe La Galigo. La Galigo sebenarnya adalah epik kepahlawanan dalam kebudayaan Bugis, namun dijadikan nama sebuah Kafe di Makassar.  Kafe La Galigo ini terletak di Jalan Arif Rate.

Yang paling terkenal dari kafe La Galigo adalah mie La Galigo. Mie ini sebenarnya mirip dengan mie ayam, tapi mie yang disajikan berbeda dengan mie ayam biasa. Mie nya agak besar, dan lurus mirip seperti spageti. Selain mie yang lumayan enak, mie La Galigo ini juga ditambah dengan udang gurih yang sudah dibuang kulit dan kakinya, cumi yang sudah dipotong-potong, jamur, dan ayam. Mie ini disajikan dengan kuah terpisah, mirip seperti mie Yamin. Kuah mie ini sangat gurih, namun masih perlu sedikit racikan sambal,  lada, kecap asin, kecap manis biar tambah lezat (tergantung selera masing-masing).

Dengan komposisi yang lengkap dan nikmat antara mie dengan udang, cumi, ayam, jamur, daun sawi dan bawang gorengnya, tak heran kafe ini cukup rama dikunjungi pelanggan.

Setelah makan mie La Galigo, tak lengkap rasanya jika tidak ditutup dengan minum es. Karena sudah makan mie La Galigo di kafe La Galigo, sekalian saja saya beli es La Galigo juga.

Es ini terdiri mirip seperti es serut dengan komposisi yang lebih kaya rasa. Bagian paling atas dari es La Galigo ini ada ice crem dan taburan buah-buahan, ada apricot, apel yang sudah dipotong-potong kecil, kulang-kaling dan kelapa muda. Es ini disajikan dengan es serut ditambah dengan sirup merah (ga tau nih sirup apa). Slurrpp… nikmat bener makan es La Galigo ini deh, apalagi di Makassar ini kotanya panas banget.

Makanan selanjutnya adalah the legendary Es Pisang Ijo. Es pisang ijo ini juga disuguhkan menggunakan es serut. Lalu ada semacam bubur sumsum putih ditambah dengan pisang yang dibungkus dengan lapisan berwarna hijau. Lapisan ini sepertinya terbuat dari tepung. Es Pisang Ijo ini cukup nikmat, tapi sebaiknya tidak terlalu banyak makannya, karena nanti bisa eneg.

Secara keseluruhan kafe La Galigo merupakan tempat yang sangat nyaman untuk mencicipi hidangan khas La Galigo: Mie La Galigo dan Es La Galigo. Meskipun agak mahal bagi pegawai baru seperti saya, tapi dengan suasana yang nyaman dan kondusif, kafe La Galigo merupakan tempat yang sangat saya rekomendasikan bagi mereka yang sedang berada di Makassar. Namun jangan lupa untuk mencicipi makanan lain yang juga tak kalah nikmat yang banyak terdapat di Makassar.

About these ads

Actions

Information

20 responses

5 05 2008
aJOemOni

onican gak cucok ngereview kuliner,, basanya kaku banget.. ngakngak.. pis ahh..
cotto.. layangannya putus!!
*ngejar layangan, kabuur* :mrgreen:

6 05 2008
Setiadi

apa bedanya cotto sama soto?

kalo soto pake daging sapi..
cotto pake daging cappi..
:lol:

7 05 2008
pram

dikau kedjam… tidak mengajakkuh… ;)

7 05 2008
ar!ef

Liputan kulinernya asik.. :) Banyak juga lo makan Chai sampe 3 ronde gitu! :D BTW, W660i hasil fotonya bagus juga ya..

16 05 2008
aureliaclaresta

moga-moga aku ada kesempatan ke La Galigo ya, kalo pas ke Makassar. Thx rekomendasinya :)

17 05 2008
Paris

wah, jadi makin pengen ke Sulawesi. Moga-moga ada kesempatan maen ke Makassar. Salam kenal!

21 05 2008
adith

Asslam….
waaah sekarang tinggal di makassar ya…Aga Kareba(bener gak)?

16 06 2008
Freddy

kurang cay…

kurang “Maknyuuss” nya Bondan

;D

30 06 2008
aureliaclaresta

kata sodaraku yg dari Makassar, di sana cuma ada 4 tempat makan yang oke:
1. Simaya
2. Surya
3. Bahari
4. Makassar
gimana????

20 08 2008
infogue

Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://kuliner.infogue.com/kafe_la_galigo

26 08 2008
nesa

nyummmy….
kalau lagi puas liat kek gini nih…langsung deh buka…
hahahahaha

10 10 2008
Kris

waduh udah berapa tahu ngga sama disana …, Makassar emang dunia makanan

8 11 2008
addy

PnGiN Ke KafE lA gAlIgO nIH…….
dA CaBanGnYa Gak yA????

14 12 2008
Anita

Berkunjung..
Kebetulan mau ke makassar selasa ini, ada ide kuliner yang bisa dibekel k jkt buat temen2 NOC?

8 01 2009
prana

duuhhh jadi ngiler nih ngeliatnya…. hehehe…

21 09 2009
Ameq Arsjad

sekedar nambah rekomendasi neh, kalo mau nyobain yang enak di makassar:
1. Konro Karebosi di Belakang Bank Indonesia
2. Pallubasa di perempatan jl. Serigala – jl. Singa
3. Coto di sepanjang jl. Gagak – jl.Kakatua (pagi sampai subuh), jl.Pettarani (pagi)
4. Mie Kering : Mie Titi jl.Wahidin (d/h jl.Irian) dan Mie Yanto jl.Bali
5. Seafood di jl.Datumuseng dan jl.Pettarani, atau kaki lima Kayubangkoa dekat MGH.

Kalo Restoran coba tengok :
1. Jl. Lagaligo
2. Lumpia dan Jalangkote (pastel) di jl.Lasinrang
3. Ayam goreng kampung di jl. Datu Museng dan Jl.Sultan Hasanuddin-jl.Ince Nurdin

Cobain deh, ini asli rekomendasi Makassar.

17 10 2009
Adnan

Kemarin sa coba mie kering di Mie Yanto jl. Lamadukelleng depannya SMA Rajawali. Maknyusss! Sayang lupa kufoto ki’ :p

16 02 2010
qwerty

salam kenal, artikelnya boleh…

25 03 2010
Alex L. Setiawan

aq pernah mampir ke cafe La Galigo … memang enak mie-nya…

25 05 2010
megalibraryonline

wah mantap ni maknyusssss,,,,,,,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 43 other followers

%d bloggers like this: