Tips & Tricks TelkomSpeedy

23 11 2006

Tadi pagi (Kamis, 23 November 2006) tepatnya pukul 10.00 pagi, layanan TelkomSpeedy saya mulai diaktifkan. Sebelumnya saya registrasi online melalui situs TelkomSpeedy pada malam hari (Senin, 20 Nov 2006). Dan keesokan harinya, saya sudah ditelpon oleh salah satu operator Telkom Speedy yang menanyakan apakah ingin berlangganan Speedy sesuai data registrasi yang saya lakukan di situsnya. Dan yang menelpon bukan hanya satu orang atau dua orang, tapi 5 orang! Entah karena berebut ‘lahan’ atau mengutamakan pelayanan, yang pasti hal ini membuat konsumen merasa diperhatikan🙂. Setelah teknisi datang membantu instalasi (sebenernya saya sendiri yang melakukan instalasi, mereka hanya memasukkan username & password), akhirnya TelkomSpeedy saya ber’lari’ dengan kencang (dibandingkan dengan Telkomnyet yang saya gunakan sebelumnya). Yah, setidaknya mitos yang menyatakan Speedy bermasalah sampai saat ini belum terbukti (mudah2an tidak😀 ).

Setelah sedikit mengoprek speedy (blm banyak sih), saya mau berbagi pengalaman apabila ada yang ingin berlangganan Speedy, khususnya saat-saat sekarang ini dimana masih terdapat program FORMULA5 yang menggratiskan biaya registrasi dan diskon biaya perbulan (di jakarta menjadi Rp. 180.000/bulan) serta tambahan quota menjadi 1GB/bulan selama tiga bulan semenjak aktivasi pertama kali.

Berikut beberapa Tips & Tricks TelkomSpeedy yang sudah saya lakukan :

1. Pastikan kabel telpon yang digunakan tidak terlalu banyak sambungan. Saya mencoba mempersingkat sambungan kabel telpon yang tadinya terdapat 3 sambungan menjadi 1. Hasilnya jika menggunakan Telkomnyet yang biasanya maksimal mendapatkan 48 Kbps bisa meningkat menjadi 50 Kbps. Walaupun tidak terlalu signifikan, tapi sepertinya berpengaruh terhadap kualitas jaringan.

2. Pilih modem ADSL yang direkomendasikan oleh Telkom. Dan juga perhatikan kebutuhan, ada modem yang terdiri dari 4 port Ethernet. Tapi kalau hanya digunakan untuk 1 buah komputer, lebih baik gunakan yang 1 port Ethernet dan 1 port USB. Harganya lebih murah🙂

3. Kalau bisa, sebaiknya gunakan Ethernet, karena USB kadang-kadang bermasalah (kakak saya yang menggunakan USB sering bermasalah).

4. Jika anda menggunakan Windows, matikan services Automatic Updates agar tidak menghabiskan ‘jatah’ quota.

5. Atur update antivirus anda menjadi 1 minggu sekali. Beberapa antivirus yang agak paranoid seperti Kaspersky defaultnya tiap 3 hari sekali mengupdate database antivirus.

6. Apabila anda hanya ingin membaca artikel atau berita, sebaiknya atur setting browser anda (Firefox atau Opera) untuk tidak menampilkan gambar (images). Saya menggunakan Firefox untuk melihat situs yang menggunakan images serta menggunakan Opera untuk melihat situs tanpa images😀

7. Untuk melihat kecepatan bandwidth yang diperoleh anda dapat mencoba beberapa bandwidth meter yang terdapat diinternet. Untuk test lokal anda dapat menggunakan layanan dari TelkomSpeedy. Sedangkan untuk mengukur bandwidth anda dari luar negeri anda dapat mencobanya disini.

bwmeter.JPG

contoh hasil pengukuran ke Washington DC

8. Instal aplikasi yang dapat menghitung statistik akses total download/upload yang sudah kita pergunakan. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Net Traffic Meter. Selain menghebat ‘jatah’ karena tidak perlu login ke TelkomSpeedy dulu, aplikasi ini juga dapat memberikan Alert sesuai yang kita setting. Misalnya apabila sudah mencapai 100MB, maka akan muncul pop-up dan suara yang dapat kita atur sendiri.

9. Agar mendownload bisa lebih cepat dan dapat di-resume apabila gagal ditengah jalan atau komputer tiba2 mati, install download manager seperti flashget atau DAP.

10. Gunakan Google Web Accelerator. Katanya sih bisa mempercepat waktu loading situs. Kalau mau tahu lebih jauh silahkan baca disini.

Jika ada tambahan tips dan trick menggunakan TelkomSpeedy jangan sungkan-sungkan untuk saling berbagi yach….🙂

Apabila ingin mengetahui lebih lanjut mengenai ADSL dan Speedy, anda dapat membaca buku yang dibuat oleh Onno W. Purbo yang berjudul Pegangan Pengguna ADSL dan Speedy.

 

Selamat memanfaatkan ‘speed’ dari Speedy.


Actions

Information

26 responses

24 11 2006
nico

heee,di kantor gw pake speedy,alhasil MENGECEWAKAAAAN, sering putus, lambat, sering ga bisa connect😦 speedy di rumah chai?gaya pisaaaaaaaaaaaan

24 11 2006
Fadly

dir tolong donlotin gw pilem ***** ada ga ?? pesenan pramono neh😛

24 11 2006
Oo'

Sudah kuduga, pasti ngambil yang promo5 itu.
Speedy emang cepet banget, itu ga da yang bantah.
Tapi keluhannya sering “Byar Pet” kayak listrik PLN. Udah gitu tagihannya bisa ujug2 membengkak sampe jutaan.
Tapi itu dulu, sekarang udah berubah (katanya) dan aku juga percaya dan berharap begitu.
Bagi2 pengalamannya ya, soalnya juga pengen pake speedy nih.

25 11 2006
sigit

speedy ya? jadi inget waktu di lapi…

hidup NTT!!!😀

27 11 2006
djhow

wah saya punya warnet rugi terus nih….perbulan harus bayar speedy 2,2jt pernah waktu itu 5 hari gak connect setelah marah marah baru connect tuh, sekarang dalam 1 bulan pasti ada “byar pet” nya kayak PLN. bayangin aja berapa ruginya gue kalo mati pasti pelanggan gue pada bubar. tolong dong kasih masukan pake layanan apa ya yang cocok buat warnet gue, yg kenceng tapi murah ???? so pasti yang gak “byar pet”

27 11 2006
Budiaji Hartono

hm…!
menarik.
tapi denger dari Nyonya kaya’nya beberapa hari lalu baru muncul di koran soal keluhan pelanggan Speedy soal tagihan Speedy yang bengkak gak jelas.
dan gak sekedar 1 pelanggan pula.
beberapa pelanggan berturut2x selama beberapa hari nyampein keluhannya di koran.

…just be prepared…!

27 11 2006
chaidir

@djhow
mungkin dapat dipertimbangkan menggunakan jalur cable seperti artikel sebelumnya (https://chaidir.wordpress.com/2006/10/18/unlimited-internet-accesss-di-jakarta/). Tapi itu kalau wilayah anda sudah masuk coverage kabelvision😀

@BH
…i’m prepared…

28 11 2006
Fadly

dir gw bikin blog ahh ngikutin lo biar gaya euy

http://fadly19.blogspot.com

29 11 2006
shinta

whoooo….

bapak ini manfaat banget ya!!!

keep up the good work!

cheers.

29 11 2006
chaidir

to fadly :
nice work bro… gitu dong.. ‘ikat ilmu dengan menulis’

to shinta :
“sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain”😀

19 12 2006
Andre

Itu comment ke shinta kenapa mirip ama yang dikatakan aya di one litre of tears yahh hehehehehe

19 12 2006
Romi

maaf kalo salah tempat kk.. mau tanya ni… ceritanya pengen share speedy ke komputer lain, tapi di modem cuma ada 1 colokan buat LANnya gimana kk? kalo 1 komputer dipasang 2 LAN card bisa gak ya (1 onboard, 1 PCI) ?

19 12 2006
chaidir

to Romi :
klo cuman mo make b2, komputer yg satunya colokin ke USB aja. biasanya di modem ADSL ada port USB n Ethernet.
klo mo dipake berame2, pake switch aja..

6 02 2007
cnul

speedy top

18 03 2007
guling

mau nanya nih. sebenernya kayak romi. cuma modemnya triz yg dr telkom. kayaknya nggak ada usb nya di modem. gimana ya?

2 04 2007
lukman03

Untuk alternatif quota alert telkom speedy coba ini ya :
http://rapidshare.com/files/23923822/QuotaCheck.zip.html
buatan sendiri, semoga berguna buat para pengguna speedy

2 04 2007
6 06 2007
psychojack

bang bisa kasih tahu gak….setingan setingan yang ada di modem adslnya……basic sampe advance nya Pak……….terima kasih atas perhatiannya….bapak memang JUARA

11 06 2007
Bram

Speedy oke sekarang, 75 % PUAS dan sisanya orang2 yang tidak mengerti n ga mo tau akar dari permasalahan yang ada……..Keep doing the best 4 us (speedy custumers)……2 th pake speedy ga ad masalah bung…….tolong deh klo ngejatuhin ga bakal bisa….

3 09 2007
diefa

speedy is the best!!!!

oke banget coy………best speedy

25 01 2008
DulYang

Ok, ini sekedar tambahan tips and tricks.
1. Modem harus dihubungkan dengan UPS (Uninterruptable Power Supply) dan stabilizer, maklum lah di Indonesia PLNnya nggak stabil. Hal ini yang membuat speedy byar-pet.
2. Kalau bisa semua komputer yang terhubung di belakang modem mempunyai MTU (Maximum Transfer Unit) size yang sama dengan di modem. Biasanya 1496.
3. Kalau pakai router setelah modem sebaiknya fungsi routing di modem dimatikan supaya nggak terjadi routing dua kali yang akan memperlambat kecepatan akses.

Selamat mencoba.
DulYang

28 02 2008
tidak tau

itu mah cufu…. mana mungkin telkom speedy lebih bagus dari clabe…. up384… lawan up2 1.5mbps!!!!! awwww mana bisa….. harga murahan cable pulaa!!! dah gitu orang2 speedy semaunya sendiri… kalo di tanya jawabnya itu2 aja… ga ngerti soal jaringan kok di terima kerja!!! emang orangnya BEGO2 SMUA!

4 09 2008
andy

klo gw tadinya pake speedy unlimited warnet tapi ko suka bermasalah terus,sekarang gw pindah ke ofice….

4 09 2008
andy

itu semua ga ngaruh ko……………

21 09 2008
otonk

woooooooooooooow..!!!! terbukti!!!

11 01 2013
Trik Bisnis

Info yang menarik mas, terima kasih atas sharing ilmunya. Sangat bermanfaat, keep posting dan salam kenal, ditunggu kunjungan baliknya mas…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: