ATM Buku

24 12 2006

book_atm03.jpg

Pernahkah anda membayangkan untuk membeli buku dipinggir jalan dengan jumlah koleksi judul buku mencapai 2,5 juta buku, lalu hanya memasukkan uang sesuai dengan harganya dan menunggu paling lama 7 menit dan kemudian buku keluar dari mesin yang menyerupai ATM. Ketika saya kuliah dulu, sempat pula memiliki ide untuk membuat mesin seperti ATM yang dapat menjual buku. Namun karena dulu hanya sebatas ide tanpa aksi, akhirnya ide itu hanya menjadi mimpi😀 .

Kini mimpi itu menjadi kenyataan. Walaupun bukan saya yang merealisasikan mimpi itu, tapi saya merasa bangga bahwa mimpi saya dan pemimpi ATM Buku lainnya dapat menjadi kenyataan. Berdasarkan berita yang saya peroleh dari sini, nanti pada bulan Februari 2007 akan ada ATM Buku yang tersebar di 25 perpustakaan dan toko buku di New York. Mesin ATM Buku ini dinamakan Espresso. Mesin seharga $50,000 ini merupakan produk dari perusahaan bernama On Demand Books, dan telah dikembangkan semenjak 6 tahun yang lalu oleh Jeff Marsh (Penasehat Teknologi On Demands Book).

Cara kerja ATM Buku ini adalah dengan menyediakan kumpulan buku digital yang dapat dipilih, lalu dicetak dan djilid serta memberikan sampul berwarna yang telah dilaminating. Mesin ini juga dapat mencetak buku dalam berbagai bahasa. Maksimal dalam satu buku dapat mencetak sebanyak 550 halaman. Secara garis besar mesin ini adalah sebuah mesin cetak mini yang diletakkan dipinggir jalan serta dapat melakukan transaksi penjualan, layaknya ATM Bank, dengan buku yang dapat dipilih serta dapat mencetaknya menjadi sebuah buku utuh seperti dijual ditoko buku hanya dalam waktu 7 menit. Untuk melihat bagaimana proses Espresso menghasilkan buku, anda dapat melihat videonya disini (lebih baik didownload dulu, ukuran filenya 14.7 MB).

Namun apabila seseorang yang ingin membeli buku, dia tidak dapat membaca sekilas dan menilai apakah buku itu bagus atau tidak. Alternatifnya adalah perusahaan penyedia ATM Buku ini memberikan preview buku yang dapat didownload melalui situsnya, sehingga apabila ada buku baru yang dirilis dapat dibaca sekilas untuk menentukan apakah akan dibeli atau tidak.

Lalu kapan Indonesia akan memiliki ATM Buku sendiri? Apakah ada yang ingin berinvestasi seharga 450 juta untuk membuat mesin ini. Ataukah ada diantara para mahasiswa atau Sarjana yang berminat mengembangkan mesin ini dengan harga yang jauh lebih murah dan anti Maling😀 . Dengan dengan budaya baca yang mungkin masih rendah, apakah investasi ini cukup menjanjikan di Tanar Air??

Tunggu Saja…

Link terkait :

CNN

Espresso Printing


Actions

Information

10 responses

25 12 2006
helgeduelbek

10 Tahun lagi di Indonesia sepertinya belum akan tersedia, buat mahasiswa lebih seneng cari yg gratis seperti yang ada di ulas Nolbuku

25 12 2006
chaidir

😀
Jadi inget waktu jd mahasiswa dulu (kesannya dah lama ga jadi mahasiswa😛 )
awal2 masih beli buku asli, lalu pinjem ke senior, klo ga punya beli yang fotocopy-an…
dan tingkat akhir lebih banyak membaca buku digital yang bisa diperoleh secara cuma-cuma daripada 😀

Terimakasih atas infonya ya🙂

25 12 2006
frag

hmmm.. jadi pengen tau apakah harganya lebih murah..
mungkin aja bisa jadi solusi legal murah bagi mahasiswa😛.

26 12 2006
pepper

kereen…. tapi efektif gak ya
diterapin di indo? karena minat baca masyarakat indo yang masih rendah jadi sangsi kalo efektif ada disini…

26 12 2006
Amd

Prediksi saya, kalo mesin ini ada di indonesia akan terjadi dua hal:
1. atu buku dibeli dari situ, sisanya difotokopi.
2. mesinnya di-crack, isinya disedot….

Indonesia banget gak?

26 12 2006
chaidir

to frag :
klo dilihat dari investasi yang tidak sedikit, sepertinya akan lebih mahal dari pada fotocopy-an😛 semoga para mahasiswa dan putra putri terbaik bangsa juga dapat menghasilkan mesin ini dengan harga yang jauh lebih murah😀

to pepper :
justru dengan adanya ATM Buku diharapkan dapat meningkatkan minat baca.. tentunya dengan harga yang terjangkau🙂

to Amd :
1. klo harga fotocopy n hasil dari ATM Buku sama atau beda sedikit, dengan kualitas yang lebih baik.. sepertinya bakalan banyak yg beli lewat ATM Buku
2. Indonesia banget😛

26 12 2006
lucky

7 menit? lama euy…tapi keren. kualitas cetakannya gmana?

27 12 2006
biho

Gimana broer betah di Lintas?
salam buat dudi rustandi cs…

2 01 2007
erohuki

tuh mesin ada di indo?!? sehari di taruh bisa ilang tuh mesin di malam hari =) atm bank aja di gondol x)) huehuehue

16 01 2007
wawan

Kerenn, kayanya cocoknya kalo ditaroh dikampus deh, tapi itupun dengan asumsi mahasiswanya pada tajir2😀. Kalo ditaroh ditempat umum mah beberapa hari kemudian bisa tinggal rangkanya aja😀

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: