Jakarta… Panas!

14 01 2007

Pagi itu, saya terbangun dari tidur diiringi rintik hujan yang mulai membasahi kota Jakarta. Walaupun agak malas, mau tidak mau saya harus tetep berangkat ke kantor. Perjalanan pun terasa dingin ditempa oleh rintikan gerimis yang belum beranjak menjadi hujan. Begitupun dengan perjalan pulang, suasana mendung sudah menjadi langganan bagi pegemudi motor untuk merasa was-was akan terjadinya hujan.

Tapi itu terjadi beberapa minggu yang lalu, atau sebelum Tahun 2007 ini. Namun memasukin bulan Januari 2007, Jakarta berubah total. Yang seharusnya masih masuk dalam musim hujan, hingga kini hujan tak kunjung turun. Bahkan langit jakarta pun sangat cerah. Siang pun terasa sangat lama, sang surya muncul sangat cepat dari peristirahatannya. Dan pada sore harinya, sang surya pun masih tampak enggan beranjak dari tempat bermainnya. Awan pun tampak malu-malu untuk menampakkan rupanya. Lihat saja foto dibawah ini

jakarta2007-mini.jpg

 

Foto Menara Global. Diambil dari pelataran Graha BIP dengan K610i-nya om ngadimin . Foto diambil dari blog-nya ngadimin dengan izin terlebih dahulu..🙂

Bahkan cuacanya cenderung sangat panas dibandingkan dengan musim panas sekalipun. Waktu bermain bola pasir pada jam 8 -10 pagi kala itu, seperti main ditengah hari bolong, panasnya tak terkira (soalnya ga bawa termometer, jadi ga bisa kira-kira😛 ). Berikut adalah kutipan dari salah satu media massa online (Media Indonesia) mengenai kondisi Jakarta yang begitu panas akhir-akhir ini yang dapat diperoleh dari sini

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) menyatakan telah terjadi pola gangguan ekstrem musim hujan di tiga wilayah, yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Pada umumnya awal musim hujan telah dimulai sejak November-Desember 2006 lalu, namun sebaliknya di tiga wilayah tersebut terjadi peningkatan suhu sampai 36 derajat celsius. Seharusnya suhu harian Januari hanya antara 31 hingga 32 derajat celsius. Dalam satu pekan ini hujan belum turun. Kondisi tergolong anomali dan belum pernah terjadi dalam 10 tahun terakhir.

”Gangguan musim hujan ini tergolong lama. Sebaiknya masyarakat mulai waspada terhadap dampak persediaan air tanah,” kata Kepala Subbidang Informasi Iklim dan Agroklimat BMG Sutamto kepada Media Indonesia di Jakarta, Jumat (12/1).

W0www….. 36 derajat celsius!! 1 Derajat dibawah kondisi suhu normal tubuh kita!

Jadi yang berencana berpergian di Jakarta pada siang hari, apalagi bagi pengemudi motor dan angkutan umum… mendingan pergi sore atau malam aja… PANAS Boo!


Actions

Information

One response

15 01 2007
Anang

surabaya sudah mulai dingin lagi.. hujan…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: